Wavy Tail
Jumat, 25 Desember 2015





Apa   itu   KOPHI  ???
Koalisi Pemuda Hijau Indonesia atau sering disingkat KOPHI ialah forum pemuda yang berusia 16 – 30 tahun untuk membahas isu perubahan iklim dan lingkungan hidup.
Organisasi ini terbentuk pada tahun 2010 dan diresmikan pada tanggal 30 Oktober 2010 melalui deklarasi KOPHI di Museum Bank Mandiri, Jakarta. Untuk  menjadi suatu wadah bagi anak muda yang ingin menjadi bagian dari solusi masalah perubahan iklim sehingga mereka dapat bergerak untuk melakukan sebuah tindakan secara kolektif  dan berkelanjutan demi terciptanya lingkungan yang lestari.
Dipelopori oleh ketiga pendirinya: Yudithia (Universitas Indonesia), Lidwina Marcella (London School of Public Relation) dan Agusman Pranata (President University), KOPHI berkembang menjadi organisasi pemuda pemerhati lingkungan yang tersebar di 13 Provinsi indonesia. Pembentukan KOPHI berjalan independen dan tidak terafiliasi dengan organisasi atau pihak tertentu. KOPHI Menyelenggarakan kongres nasional pertamanya pada tahun 2011. Pra-Kongres pertamanya digelar pada tahun 2011 dikampus FISIP UI. Pada  tahun 2012, kongres kedua KOPHI dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah. Pada tahun 2013, kongres nasionalnya diadakan di Yogyakarta dan telah memilki kepengurusan di 17 provinsi di Indonesia.
Tidak hanya menjadi forum komunikasi antara pemuda dan pemudi Indonesia yang mempunyai kepedulian terhadap isu perubahan iklim, melalui website KOPHI adakan, KOPHI juga hadir sebagai fasilisator dalam pengembangan kapasitas mereka melalui workshop, pelatihan dan seminar yang bekerjasama dengan LSM-LSM dan komunitas hijau. 
Sebagai komunitas pemuda indonesia, KOPHI terus berkembang dan berharap untuk menjadi sumber informasi bagi pemuda-pemudi Indonesia terkait isu perubahan Iklim dan lingkungan hidup yang mampu mewujudkan Indonesia yang Lestari.

 

0 komentar:

Posting Komentar