Wavy Tail
Selasa, 20 September 2016





PENDAFTARAN TERBUKA
KOPHI SULBAR 2016

Link Download KOPHI SULBAR Sudah dapat diakses, sehubung banyaknya keluhan akibat tidak dapat terdownloadnya Link tsb, Kami selaku pengurus KOPHI SULBAR dengan cepat menanggapinya.
Sekarang Link tsb sudah dapat diakses,
Download sekarang juga!!!

Kamu Pemuda yang peduli terhadap lingkungan???
yukk gabung bersama kami dalam perekrutan KOPHI SULBAR 2016

bagaimana cara download formulir pendaftarannya?
gampang koq, dibawah ini ada kata "DOWNLOAD" dan "ALL ABOUT KOPHI" cukup dengan mengklik masing-masing kata tersebut lalu secara otomatis akan tampil dokumen yang akan terdownload.

download formulir diatas, dan download juga "ALL ABOUT KOPHI" tersebut agar Anda tidak bingung lagi mengenai KOPHI serta peran - peran setiap divisi.




PERSYARATAN MENGIKUTI OPREC KOPHI REGIONAL SULAWESI BARAT 2016
1.       Pemuda/i berkewarganegaraan Indonesia berumur 16-30 tahun.
2.       Berdomisili di SULBAR dan bersedia untuk terlibat dalam program jangka panjang KOPHI sebagai anggota KOPHI SULBAR selama setahun kedepan.
3.     Follow akun twitter @kophisulbar, instagram @KOPHISULBAR  dan Like Facebook KOPHI Sulbar.
4.       Aktif dalam organisasi.
5.       Sehat jasmani, mental dan bersedia patuh pada ketentuan umum yang berlaku .
6.       Mau berkomitmen dalam kegiatan dan kepengurusan KOPHI SULBAR.
              
PETUNJUK PENGISIAN FORMULIR
Pendaftar harus melengkapi seluruh formulir yang diminta. Hanya formulir yang lengkap, detail, dan sesuai petunjuk akan diproses lebih lanjut.
Formulir pendaftaran dikirim via email ke : psdm.kophisulbar@gmail.com  paling lambat tanggal  3 November  2016  dengan format subjek [Nama]_[OPRECKOPHISULBAR]

PROSES SELEKSI PESERTA
Pengumuman calon anggota KOPHI SULBAR  akan diumumkan di website KOPHI  SULBAR kophisulbar.blogspot.com, FB:KOPHI Sulbar, Twitter:@kophisulbar, dan Instagram:kophisulbar,  pada tanggal 7 November  2016. Seleksi ini merupakan seleksi berkas atau seleksi tahap pertama. Peserta akan mendapat email dan sms langsung dari panitia KOPHI SULBAR apabila lolos seleksi berkas dan akan mengikuti tahap seleksi berikutnya yaitu seleksi wawancara yang akan diadakan pada tanggal 10-12 November 2016,  dan pengumuman seleksi wawancara pada 15 November 2016.





APA ITU KOPHI ??? 

Koalisi Pemuda Hijau Indonesia atau sering disingkat KOPHI ialah forum pemuda yang berusia 16 – 30 tahun untuk membahas isu perubahan iklim dan lingkungan hidup.
Organisasi ini terbentuk pada tahun 2010 dan diresmikan pada tanggal 30 Oktober 2010 melalui deklarasi KOPHI di Museum Bank Mandiri, Jakarta. Untuk  menjadi suatu wadah bagi anak muda yang ingin menjadi bagian dari solusi masalah perubahan iklim sehingga mereka dapat bergerak untuk melakukan sebuah tindakan secara kolektif  dan berkelanjutan demi terciptanya lingkungan yang lestari.
Tidak hanya menjadi forum komunikasi antara pemuda dan pemudi Indonesia yang mempunyai kepedulian terhadap isu perubahan iklim, KOPHI juga hadir sebagai fasilisator dalam pengembangan kapasitas mereka melalui workshop, pelatihan dan seminar yang bekerjasama dengan LSM-LSM dan komunitas hijau.
Sebagai komunitas pemuda indonesia, KOPHI terus berkembang dan berharap untuk menjadi sumber informasi bagi pemuda-pemudi Indonesia terkait isu perubahan Iklim dan lingkungan hidup yang mampu mewujudkan Indonesia yang Lestari.



KOPHI KINI  HADIR DI SULBAR
Pada kongres IV Kemarin yang berlangsung dimakassar pada tanggal 12- 15 November 2015, Sulbar akhirnya mampu membentuk kepengurusannya dengan  perwakilan Mahasiswi asal Unsulbar yakni Desy Andar Sari yang sekarang memegang mandat sebgai ketua regional pertama KOPHI Sulbar 2015-2017. Namun kepengurusan baik dari tim Divisi-divisinya belum rangkum, sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk pembentukan Kepengurusan KOPHI Sulbar ini.
Perekrutan Terbuka menjadi salah satu alternatif  untuk mengumpulkan pemuda-pemudi yang benar – benar peduli terhadap lingkungan dan daerahnya, selain ingin dilihat oleh masyarakat dan pemerintah


KOPHI SULBAR pada bulan September hingga Okteber 2016 akan melakukan perekrutan terbuka di 3 wilayah yakni di Mamuju, Majene dan Polewali mandar. Sebelumnya KOPHI SULBAR yang bersekretariat di BTN Tipalayo, No. A 14 talumung, kelurahan tande timur ini telah aktif di kabupaten Majene. Oleh karena itu dianggap telah berhasil mengajak pemuda untuk peduli terhadap lingkungan didaerah tsb KOPHI Sulbar akan melebarkan sayap dengan membuka SOLA KOPHI (Teman KOPHI) dibeberapa daerah yakni, Polman dan Mamuju.
 

Berikut alur pendafatarannya

PENDAFTARAN : 21 September - 31 Oktober 2016
PENGEMBALIAN FORMULIR : 21 - 3 November 2016
PENGUMUMAN I ; 7 November 2016
TES WAWANCARA : 10 - 12 November 2016
PENGUMUMAN II : 15 November 2016




Divisi
Divisi KOPHI Sulbar berperan penting dalam struktural serta kemajuan Organisasi ini. Karena Divisi merupakan bagian – bagian peran dalam beberapa bidang untuk menunjang perkembangan organisasi.
Untuk KOPHI Sulbar terbagi menjadi 4 Divisi
1.     Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)
Berperan untuk mengatur Sumber Daya Manusia  Internal Organisisi, pada saat ini setelah hampir setahun berdirinya KOPHI Sulbar, kami berfokus untuk meningkatkan kualitas PSDM dengan berbagai cara diantaranya, Gathering, Camping, Diskusi, Refreshing, dll. Hal ini dilakukan agar seluruh anggota KOPHI Sulbar mengetahui sejarah dan perjalanan KOPHI di indonesia yang hampir 6 tahun ini, selain itu hubungan erat antara anggota  juga menunjang kinerja organisasi.

2.    Divisi Penelitian dan Pengembangan Program (LITBANG)
Berperan untuk meninjau lokasi serta mengembangkan  program kegiatan yang akan dilaksanakan. Lebih memfokuskan pada Ide – ide program kegiatan, banyaknya kegiatan selama ini disalurkan oleh  LITBANG itu sendiri.

3.    Divisi Media dan Komunikasi (MEDKOM)
Berperan untuk membagikan informasi terhadap pemuda dan masyarakat. Mendesain menjadi salah satu keahliannya, dengan hal tersebut informasi yang kami sampaikan dianggap tidak membosankan karena tersaji dalam bentuk gambar. Hal ini menjadi strategi kami dalam mengajak pemuda untuk peduli terhadap lingkungan hidup, dengan cara tersebut yang  dianggap kekinian menjadi daya tarik tersendiri bagi pemuda, karena partisipasi pemuda untuk lingkungan masih sangat minim.

4.    Divisi Kreatif
Berperan untuk membagikan ide – ide unik dalam hal prgram kegiatan dll. Divisi ini juga berperan memajukan pendanaan organisasi, sejauh ini mampu membuat usaha gantungan kunci. karena dana yang didapat dari iuran tidak sepenuhnya menutupi keperluan kegiatan. Sedikit bocoran mengenai pendanaan bahwa Pengajuan proposal tidak selamanya berjalan mulus, jika dana terhambat dikhawatirkan kegiatan yang terencana tidak akan berjalan. Divisi inilah yang diharapkan untuk memajukan pendanaan.
Untuk pendaftar yang ingin memasuki divisi sebaiknya memilih divisi yang Anda  ahli dibidangnya, melihat potensi untuk mengembangkan divisi tersebut dibutuhkan yang berpengalaman.




Cp:
Diana (Sekretaris)    : 082353353111
Sigit                  : 085331484604


Fanpage   : KOPHI Sulbar
Instagram : @kophisulbar
Twitter    :@KOPHISULBAR
         Web         : kophisulbar.blogspot.com

2 komentar:

  1. Salam pemuda....maaf formulirnya dak bisa di download....

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas responnya, sekarang linknya sudah dapat didownload. atau jika masih tidak dapat terdownload dapat menghubungi nomor kontak yang ada

    BalasHapus